Minggu, 12 Februari 2012

Bukan Sekedar Bacaan Biasa

Pernah baca novel? Novel-novel pujangga cinta karya penulis ternama sekelas Kang Abik, Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa, Andrea Hirata, dll. Maklum taunya Cuma itu aja. Seperti ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih, laskar pelangi, ketika mas gagah pergi, atau mungkin dalam mihrab cinta. saking banyaknya penggemar novel tersebut sampai-sampai di buat versi layar lebarnya. Kira-kira berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk membaca novel tersebut sampai tuntas? 3 hari? Kayaknya kurang dari itu deh, mungkin ada yang selesai dalam waktu 1 hari, sampe rela-relain ga makan, ga tidur, demi baca novel tersebut. sampai2 saking khusyuknya dia lupa segala aktivitas karena terbawa imajinasi tulisan-tulisan yang begitu lembut dan indah, seakan-akan tulisan itu terngiang lembut di otak kita dan terbawa dalam kehidupan, sampe-sampe ada yang habis nonton KCB kepengen nikah dan berharap dia menjadi si Azzam dan calonnya adalah wanita hebat sekelas si Anna Althafunnisa. Tak cuma itu, duitpun rela kita keluarkan demi mendapatkan novel tersebut, juga untuk nonton di bioskopnya. Hhmmmm,,, nikmat kali kayaknya.

Bagaimana dengan baca komik?? Komik-komik ala jepang gitu, macam serial Conan, Naruto, dragon ball, dll (hehe, taunya Cuma itu aja, soalnya bukan maniak komik). Pasti pernah bacakan??? Malah, sampe download2 di internet versi terbarunya... hayoo, ngaku??? Paling enggak kita semua udah pernah baca, atau mungkin liat covernya, atau paling enggak kita kenal tokoh utamanya gara-gara temen2 kita pada ngobrolin itu 
mulu. Malah sampe temen kuliah saya, yang udah tua2 gitu masih aja meragain gaya-gaya ngilang ala naruto...hehehe. Cerita bergambar tersebut seakan-akan menjadi film imajinasi dalam otak kita dan seakan-akan kita bisa mendengar suara dari percakapan itu dengan versi nada/intonasi masing-masing. Menarik bukan???? Bahkan sampai rela dibaca sehabis sholat di masjid, kaya ga ada buku lain yang harus dibaca aja. Kira-kira berapa banyak waktu kita habiskan untuk baca komik beginian??? Berapa duit yang kita keluarin untuk menikmati komik ini?? sampe-sampe dideket kampus ada penyewaan komik, tapi alhamdulillah selama 4 tahun saya ga pernah menginjakkan kaki disitu. Bagaimanapun juga, komik Asyik kan?.

Atau, bacaan lainnya yaitu koran??? Teringat kalo jaman kuliah koran adalah bacaan utama di pagi hari waktu mau sarapan, sampe2 nyari warungnya yang ada korannya. Begitu dapet langsung dibuka bagian olahraga terutama bola, hayooo yang laki-laki pada ngaku dah??? Udah gitu, belaga buka2 koran padahal cuma liat gambar-gambar dan keterangannya aja, kalo pun baca paling cuma headline nya aja. Ya kan???? seakan-akan koran bacaan utama di pagi hari, terutama yang ga punya TV di kosan, padahal belum tentu juga beritanya bener, sampe-sampe ada orang kaya model Pak Shahab yang anti membaca koran karena takut dikibulin sama yang punya koran. Apalagi yang maniak banget sama bola, sampe rela beli tabloid bola, atau yang pengen beli Hp baru, pasti pada beli koran Pulsa kan...????. yaaahh, betapa hebatnya perjuangan kita demi baca beberapa lembar koran. Padahal pun ga baca juga gpp, cuma ada perasaan ga enak gimana gitu...hehehe

Terus, bagaimana dengan nasib bacaan mulia, Quran kita??? Sudah dibaca hari ini?? Inget lho, kita kan sudah mengimani kalau al-quran itu petunjuk hidup (hudan linnas) untuk kita kan?? Kalo yang mengaku iya, sudah kita pahami belum isi-isinya?? Atau paling tidak, baca terjemahannya?? Atau sekedar murojaah hafalan-hafalan surat pendek yang dari kecil sudah diajarkan oleh orang tua kita??. Sudah ku lakukan itu belum ya hari ini..??? padahal bacaan-bacaan yang diatas tadi saja sudah hampir berjam-jam saya baca. Atau paling tidak, sudah kah kita pegang quran hari ini??? Atau bahkan, sudah kah kita bawa quran ditas kita? Walaupun juga itu belum tentu kita baca, hanya sekedar jaga-jaga saja., kata temen saya ‘biar merasa aman’. Padahal ngakunya kita quran akan memberi syafaat bagi yang membacanya. Terus gimana dong biar dapat syafaat kalau dibaca aja jarang???

Hhmmmm,,, begitu indahnya syaitan dan nafsu menguasai diri kita ini. Sampai-sampai kita luput, khilaf, lalai dari bacaan yang seharusnya wajib bagi kita. Kalau ada pertanyaan buat kita: ‘quran itu kan punya banyak nama, apakah kita lebih sering menyebut nya al quran, alkitab, atau yang lainnya??’, tanpa dilakukan survey, sudah jelas jawabannya adalah ALQURAN, ya kan??? Atau, adakah dari kita yang lebih sering menamakan/memanggilnya alkitab? Saya kira tidak. Padahal, taukah anda? Al quran itu berasal dari kata bahasa arab Qoroa yang berarti membaca, dan alquran merupakan mashdar dari kata tersebut yang artinya bacaan. So, sudah kah kita benar-benar menjalankan apa yang sering kita sebut sebut? Atau, seharusnya kita lebih sering menyebutnya alkitab, yang berarti tulisan. Jangan sampai kita seperti orang-orang non muslim yang sering menyebut kitab nya dengan ‘Al Kitab’. Karena mungkin mereka hanya menganggap itu tulisan belaka dan tidak ingin atau tidak peduli untuk membacanya. Mungkin itulah salah satu manfaat banyaknya nama alquran dan yang terpopuler adalah ‘Al-Quran’, dan itu tersirat perintah agar kita yang menyebutnya, juga harus membacanya secara rutin. bahkan ayat yang pertama turun adalah iqro'! bacalah, dan perintah baca tersebut ialah pada alquran.

Semoga kita tidak hanya mengimani bahwa alquran itu petunjuk hidup kita, tapi juga benar-benar mengaplikasikan keimanan tersebut. contoh sederhana, kalo kita beli alat-alat baru dan kita belum begitu paham cara penggunaannya, maka kita buka buku petunjuknya agar kita tidak salah pakai, mungkin itulah bentuk kehati-hatian kita pada barang yang baru saja kita miliki. Terus, bagaimana dengan hidup kita? Apa kita tidak lebih hati-hati??. Atau contoh lainnya, pernah denger equipment macam pressure vessel, power boiler, pipeline, tanki, heat exchanger, sekelas kapal sekalipun, bahkan pengujian materialnya, itu semua ada guideline nya loh... ga sembarangan di desain, kalo ga percaya tanya anak mesin, kapal, termasuk metalurgi juga. Kita familiar dengan standar/code yang berfungsi mengatur/ sebagai petunjuk baik dalam desain, pelaksanaan, maupun maintenance macam inspeksi NDT. Pasti pada kenal yang namanya ASME, API, ASTM, ISO, BS, SNI, BKI, dll. Itu semua adalah petunjuk dan harus dipatuhi oleh company kalau prodak anda mau dapat izin dan dapat digunakan dengan baik. Masa Al-Quran yang jelas-jelas kita imani masih kita tidak baca juga. So, mulai sekarang ayo kita biasakan baca/tilawah alquran setiap hari, walaupun itu tidak banyak, yang penting konsisten, tapi kalau bisa banyak ya... syukur-syukur juga kita bisa hafal.

Sudah begitu banyak dalil-dalil tentang keutamaan Al-Quran, baik dari ayat maupun hadist. Diantaranya, satu huruf berarti 10 kebaikan. Kemudian sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari dan mengajarkan alquran, dll. Bisa kita cari bukunya ataupun searching di google.

Hikmah sederhana dari tulisan tersebut ialah, mari kita tingkatkan rutinitas membaca quran kita
setiap hari, berapapun itu, kalau bisa banyak dan kalau bisa melebihi jam baca yang lain-lainnya. Bukan berarti hikmahnya, kita ganti dengan lebih sering menyebut alquran dengan yang lain. Walaupun itu juga tidak salah. Semoga bermanfaat.

Mohon maaf jika ada tulisan yang kurang berkenan, mohon diingatkan.

Tidak ada komentar: