Jumat, 21 September 2012

Walking Around Project

Hari ini tumben banget kepengen sarapan pake nasi, ga biasanya. Biasanya cuma kepengen nge-meal doang, maklum masih proses diet hehehe. Masih ada 5 Kg lagi biar memenuhi target ideal.
Ternyata dengan sarapan nasi, jadi kepengen keliling Project area. Entah kenapa, penasaran aja, udah hampir 5 bulan di proyek tapi belum pernah keliling ke semua area proyek. Paling enggak dengan keliling area kan jadi tau apa aja yang sedang dikerjain dan kaya apa sih perbandingan di gambar engineering dengan actual yang dibangun di lapangan?. Akhirnya, timbul tekad, hari ini harus keliling project area sekalian olahraga pagi, walaupun kondisi lapangan yang becek and belok gara-gara kemaren hujan seharian.
Tak lupa, perlengkapan safety shoe, helmet, rompi, kacamata hitam, dan pastinya penutup kepala… 
APD
Tibalah waktunya, jam 8 lewat selepas dari workshop tursina untuk inspeksi fit up weld branch, berangkatlah aku keliling project area dan tentunya bawa foto biar bisa foto dari puncak nya… kaya naek gunung aja hehehe
weld branch tee reducer
Ready to go….Bermula dari kantor langsung spot 1 menuju ke pipa HDPE Sea Water Intake (SWI) line soalnya mau di hydrotest hari ini, dan kebetulan saya inspector nya. Setelah cek kesiapannya, ternyata masih ngisi air dan temporary blind flange belum dipasang jadi langsung aja ke spot 2 di Cooling Water (CW) area soalnya ada joint/welding HDPE pagi ini. Setelah cek dan ricek maka langsung lanjut menuju underground area CW. Seperti biasa, karena kemaren habis hujan deres, maka sudah bisa dipastikan underground area ini akan jadi kolam berendamnya pipa2 yang sudah lowering. Jujur, sejak 5 bulan lalu kayaknya baru hari ini underground terendam dalem banget, ya iyalaah dalem orang udah digali 4.5 meter hehehe.


Hydrotest, Joint Activity, Kolam HDPE
 Lanjut ke spot 4 yaitu cooling tower, ini garapannya discipline civil jadi aku ga begitu ngerti tetek bengeknya, Cuma taunya PC pile/tiang pancang sama pondasi doing hehehe. Tapi, perjalanan ke area itu cukup sulit dan lumayan jauh. Kira2 harus jalan sampe setengah project area dari spot 2. Karena memang spot 4 ini ada diujung sebelum puncak tertingginya Kaltim 5 area. Udah gitu jalannya belok banget, tambah berat dah tu sepatu safety.



civil activity
Sesaimpainya di Cooling Tower, hhmmm… lagi2 kolam besar menggenang diatas pondasi yang sedang dibuat.  Tapi pondasinya pun belum sepenuhnya selesai dikerjakan jadi belum ada yang di cor.
Lanjut ke spot 5 yaitu puncak tertinggi kaltim 5 area, padahal ga tinggi2 amat sih… di dramatisi biar seru. Walaupun ga setinggi gunung hehehe, tapi treknya susah banget soalnya jalannya lumpur dan tau sendirikan kalo lumpur kena hujan,,, bisa jeblos kita kedalem…. Dan ternyata bener banget, baru berapa meter melangkah dari spot 4 langsung blluukkkk… masuklah kaki kiri ke dalem lumpur sampe2 sepatu safety nya nyangkut ga bisa ditarik keluar… iyalah, gimana mau ditarik orang kejeblosnya sampe betis, tu sepatu kerendem dah di lumpur.
 Akhirnya,,, dengan susah payah bisa juga dievakuasi dari TKP…. Kebetulan ga jauh dari situ ada air, sekalian lah dibersiin dikit biar ga malu sama subcont. Ntar dibilang, masa maincont kok kotor2an, emangnya nguli apa?? Hehehe.
Setelah cukup bersih, lanjut kan perjalanan ke puncak… dan akhirnya, sampe juga langsung dah ambil kamera saku dan foto2 area Project dari spot tertinggi hehehe. Dan ternyata di spot 6 ini merupakan area untuk musholla, pantry, dan kamar mandi plant kedepannya. Abis foto2 sampe puas dan baju udah pada basah keringet, baru deh balik ke kantor. Dan tak lupa setiap liat yang bagus2 langsung jepret2 pake kamera biar bisa jadi dokumentasi dan kenangan dalam membangun sebuah project dari dasar.


project area
Sampe kantor, ga nyangka ternyata udah jam 9.20. mana sepatu kotor semua, celana pada berlumpur, sampe helm aja kotor kena lumpur… dan pastinya… baju basah semua keringetan. Lanjut bersih-bersih dan sholat dhuha….
Lumayan lah, dapet olahraga pagi sejam, biar ada proses pembakaran lemak, juga sekaligus menghilangkan rasa penasaran karena belum pernah keliling project area, pastinya juga belajar travelling kecil2an hehehehe.

Tidak ada komentar: